SHARE
ilustrasi ruangan rusak

RADARTASIKMALAYA.COM – Kondisi ruang kelas sekolah rusak di Kabupaten Tasikmalaya, hingga kini sudah mencapai seribu lebih ruang kelas. Sebab, data sekolah rusak setiap tahunnya terus bertambah.

“Datanya terus berubah, yang kemarin belum rusak sekarang jadi rusak.  Meskipun ada yang diperbaiki tahun ini. Tetapi jumlahnya bertambah,” ujar ujar Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya, Opan Sopian kepada Radar, Selasa (21/6/2022).

Jumlah ruang kelas yang rusak di Kabupaten Tasikmalaya ini,  yakni Sekolah Dasar (SD) sebanyak 1.091 ruang kelas dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebanyak 286 ruang kelas.

“Dan rencananya akan kita perbaiki secara bertahap,” tuturnya.

Untuk itu, kata Opan, hampir  setiap tahunnya ada perbaikan ruang kelas sekolah. Baik itu yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) maupun dari Dana Alokasi Khusus (DAK). “Jadi perbaikannya disesuaikan dengan upaya yang disampaikan oleh para kepala sekolah,” terangnya.

Caranya, lanjut Opan, kepala sekolah melakukan permohonan untuk penghitungan tingkat kerusakan ruang kelas. Kemudian disampaikan Kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, selanjutnya diteruskan ke Dinas PUPR, untuk dihitung tingkat kerusakannya.