Beranda Bisnis 60.790 WP Laporkan SPT, Penggunaan E-Filing Meningkat

60.790 WP Laporkan SPT, Penggunaan E-Filing Meningkat

22
0
BERBAGI
KONSULTASI PAJAK. Wajib Pajak saat berkonsultasi tentang perpajakan di salah satu event yang dilaksanakan KPP Pratama Tasikmalaya beberapa waktu lalu. (Foto : Lisna Wati / Radar Tasikmalaya)

TASIK – Batas waktu pelaporan surat pemberitahuan tahunan (SPT) pajak 2017 telah berakhir. Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tasikmalaya mencatat sebanyak 60.790 wajib pajak (WP) telah melaporan SPT pajaknya sampai pukul 24.00 wib, pada Sabtu 31 Maret 2018.

Kepala KPP Pratama Tasikmalaya Erry S Dipawinangun mengatakan dari 60.790 ini didominasi oleh WP OP karyawan yang mencapai 52.112, sisanya OP non karyawan dan badan. “Dari 108.459 WP yang wajib lapor SPT, kepatuhannya baru 56 persen,” ujar Erry kepada Radar, kemarin (3/4). Adapun secara nasional, sambungnya, WP yang sudah lapor SPT mencapai 10,5 juta, atau tumbuh 14,01 persen daripada tahun lalu. “Batas waktu penyampaian SPT Tahunan WP OP sudah berakhir dan tidak diperpanjang,” ujarnya.

Namun WP OP tetap dapat menyampaikan SPT Tahunannya walaupun terlambat tapi ada sanksi denda  Rp 100 ribu per WP. “Hingga Desember 2018, KPP Pratama Tasikmalaya menargetkan kepatuhan pelaporan SPT sebesar 75 persen,” ujarnya.

Vote

Erry menambahkan minat masyarakat dalam menggunakan SPT elektronik atau e-filling semakin tinggi di tahun 2018. Di banding 2017, jumlah SPT elektronik yang masuk tumbuh hingga 28 persen. Yang menyampaikan secara manual turun.

“Pertumbuhan ini seiring dengan pelayanan pajak terkait kemudahan penyampaian SPT tahunan terutama melalui e-filling yang semakin membaik, dan edukasi serta penyuluhan yang tepat sasaran,” katanya.

Erry menambahkan saat ini pihaknya gencar mendorong pelaporan SPT Tahunan WP Badan yang batas akhirnya sampai 30 April 2018. “Hingga hari ini (3/4) WP Badan yang melaporkan SPT nya baru 906 WP dari total 10.233 WP,” ujarnya. Pihaknya optimis, kepatuhan WP Badan akan terus meningkat seperti tahun-tahun sebelumnya. “Kepatuhan WP Badan tahun-tahun sebelumnya bagus, sehingga saya optimis tahun ini bisa mencapai target,” ujarnya.

Upaya yang dilakukan diantaranya membuka kelas pajak setiap hari serta berkoorinasi dengan asosiasi untuk mengisi SPT Badan secara serentak. (na)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here