Beranda Edukasi Al Azhar Tasikmalaya Kenalkan Pentingnya Bahasa dan Budaya Melalui Pentas Seni

Al Azhar Tasikmalaya Kenalkan Pentingnya Bahasa dan Budaya Melalui Pentas Seni

36
0
BERBAGI

KOTA TASIK – Mengajarkan bahasa asing sekaligus budaya daerah kepada siswa tidak melulu dilakukan di dalam kelas.

Namun, bisa juga melalui penyelenggaraan kegiatan kreatif yang melibatkan peserta didik.

Seperti yang dilakukan Yayasan Islam Al-Azhar Tasikmalaya (YIAT) yang menyelenggarakan pekan kreatifitas bertajuk Al Azhar Experience in Creativity, Skill and Tallent (Excellent).

Vote

Al Azhar Excellent ini berlangsung selama tiga hari, mulai Selasa (27/3) hingga Kamis (29/3), bertempat di SD Islam Al Azhar 33 Kota Tasikmalaya, Kecamatan Tamansari.

Adapun bentuk kegiatan dari Al Azhar Excellent ini di antaranya adalah lomba menyanyi, lomba fashion show, lomba mewarnai, lomba tahfidz, pertandingan futsal siswa, market, bazaar, hingga penampilan seni budaya dari peserta didik TK, SD, dan SMP Al Azhar Tasikmalaya.

Ketua Yayasan Pendidikan Islam Al Mustafa Hj Eva Yasmin menyebutkan, acara Al Azhar Excellent yang bertemakan ‘Mulang ka Desa’ ini menjadi salah satu wadah bagi anak-anak untuk lebih mengenal kearifan lokal, sekaligus mengenalkan bahasa asing seperti Arab dan Inggris.

“Selain itu juga untuk membangun sinergi dan menjalin silaturahmi dengan stakeholder YIAT supaya terjalin kebersamaan, karena sebelumnya kegiatan pekan kreatifitas dilakukan masing-masing unit, namun sekarang digabung jadi satu supaya lebih meriah,” ujarnya ditemui di sela acara.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya, Drs H Achdiat Siswandi MP mengatakan bahwa pihaknya merasa bangga dengan kegiatan positif Al Azhar Excellent yang baru pertama kali diselenggarakan ini.

Pasalnya, kata dia, kegiatan tersebut sangat membantu mengasah kreatifitas anak, dengan menyediakan ruang kepada mereka untuk berkarya seni.

“Ada banyak nilai positifnya, dari pelestarian budaya sunda, pemahaman kemampuan berbahasa, juga kebersamaan, di mana kegiatan ini juga harus menjadi rujukan bagi sekolah-sekolah yang lain,” ujarnya kepada radartasikmalaya.com. (sal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here