Beranda Bnn Awak Angkutan Dites Urine

Awak Angkutan Dites Urine

15
0
BERBAGI
TES URINE. Tim gabungan BNNK Ciamis dan Polres Ciamis memeriksa urine para sopir bus di Terminal Ciamis Selasa (19/12).

CIAMIS – Petugas gabungan dari Polres Ciamis, BNNK dan Dinas Perhubungan melakukan tes urine terhadap awak angkutan yang mangkal di Terminal Ciamis Selasa (19/12). Petugas juga memeriksa kelaikan kendaraan yang digunakan.
Dalam pemeriksaan yang dimulai pukul 10.00 itu, petugas memeriksa urine 15 orang awak angkutan dan 15 unit bus. Semuanya dinyatakan aman.
Waka Polres Ciamis Kompol Imam Rachman SIK mengatakan tes urine dan pemeriksaan kelaikan angkutan dilakukan untuk memastikan kesiapan menghadapi libur natal dan tahun baru. “Kita lakukan pemeriksaan secara mendadak kepada seluruh awak angkutan di Terminal Ciamis. Hasilnya, semua yang diperiksa aman. Tidak ada satu pun yang menggunakan narkoba,” ungkapnya.
Dia menjelaskan kerjasama dengan BNNK difokuskan pada pemeriksaan urine para sopir dan kernet, sedangkan dengan Dishub fokus pada pemeriksaan kelaikan armada bus. Dari mulai pengecekan emisi, rem hingga kondisi fisik kendaraan. Hal itu untuk mencegah terjadinya kecelakaan di perjalanan. “Makanya, supaya hal itu tidak terjadi kami lakukan pemeriksaan sebelum dioperasikan untuk natal atau tahun baru,” katanya.
Kabid Angkutan Dinas Perhubungan Ciamis Erwan Darmawan menuturkan pihaknya telah beberapa kali melakukan uji kelaikan angkutan dalam rangka persiapan libur natal dan tahun baru. Dari pemeriksaan, diketahui ada beberapa armada yang izin trayeknya habis. Sehingga, dilakukan penilangan oleh Satlantas Polres Ciamis.
“Tindakan tegas kami adalah buku ujinya kami tahan. Sehingga perusahaan angkutan segera mengurus izin trayeknya agar bisa jalan lagi,” terangnya. (isr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here