Beranda Rakyat Garut Baznas Ajukan Revisi Perda Zakat

Baznas Ajukan Revisi Perda Zakat

8
0
BERBAGI
BANTU WARGA. Ketua Baznas Rd Aas Kosasih memantau pembangunan rumah Padil Selasa (27/3).

GARUT KOTA – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Garut mengajukan revisi Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Zakat. Terutama untuk zakat rekanan, kelembagaan dan zakat aparatur sipil negara (ASN).

Ketua Baznas Garut Rd Aas Kosasih mengatakan pengaturan zakat rekanan ditujukan untuk pemungutan zakat dari rekanan Pemda Garut yang mendapat keuntungan dari pengerjaan proyek.

Sementara, terkait kelembagaan, revisi perda bertujuan mengarahkan perencanaan, pelaksanaan pengumpulan, evaluasi, laporan dan pertanggungjawaban zakat agar dilakukan satu pintu. Yakni melalui Baznas tingkat kabupaten.

“Diharapkan revisi perda ini bisa memperkuat program zakat ASN yang saat ini mulai digembor-gemborkan oleh pemerintah,” ujarnya saat ditemui di kantor Baznas Garut Selasa (27/3).

Aas bersyukur karena tata pelaksanaan revisi perda ke DPRD rencananya akan masuk dalam inisiatif DPRD. Tinggal menunggu kajian ilmiah dari Baznas. Aas berharap perubahan aturan tersebut akan memaksimalkan potensi zakat yang ada di Kabupaten Garut sebesar Rp 50 miliar.

“Sekarang sedang pengkajian ilmiah. Ada Dr Yadi Janwari dosen UIN mengenai kajian ekonomi syariah dan ZIS bersama Johan Jauhari dari kajian hukum. Nanti hasilnya akan diserahkan ke DPRD,” terangnya. (yna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here