Beranda Edukasi Bukan Hanya Sekadar Hiburan

Bukan Hanya Sekadar Hiburan

5
0
BERBAGI

Setiap anak dilahirkan dengan bakat masing-masing. Begitu pula dengan anak yang menderita kelainan kromosom seperti down syndrome. Seperti yang terlihat dalam rangkaian kegiatan Hari Down Syndrome Sedunia di Rumah Ceria Down Syndrome (RCDS) POTADS, Pejaten Barat.

Salah satunya melibatkan anak-anak lewat pertunjukkan musik. Tak hanya sekadar menghibur, ternyata musik sangat bermanfaat bagi anak-anak dengan down syndrome. Musisi yang sekaligus pemerhati down syndrome, Dian HP, mengatakan jika dirinya sudah sejak lama menaruh perhatian dan membantu mereka belajar melalui alat musik.
Musik dapat membantu anak dengan down syndrome mengekspresikan emosi lebih baik. Termasuk membantu mereka dalam menjalani proses belajar sehari-hari. “Anak dengan down syndrome memiliki kemampuan yang baik untuk belajar memainkan alat musik, seperti piano, jimbe an drum. Musik merupakan suatu hal yang menyenangkan untuk dipelajari dan dapat membantu mengembangkan kemampuan konsentrasi,” kata Dian dalam keterangan tertulis Selasa (27/3).

Menurut Dian, nada dan irama berulang yang ada di dalam musik dapat mempermudah anak down syndrome untuk mengingat dan memahami materi yang diberikan. Sehingga, orang tua wajib memahami wadah seni bagi anak dengan down syndrome. “Musik membantu mereka dalam mempelajari berbagai hal lainnya,” jelas Dian.

Selain Dian HP, penggiat musik yang ikut terlibat antara lain Elfa’s Singer, Nico Ajie Bandy, Ava Victoria, Netta Kusumah Dewi, Kartika Martakoesoemah, Sri Dijan Tjahjati, Rury Avianti, Tike Priatnakusumah, Kartika Martakoesoemah, Paulina Dinaristi, Tohpati, Indro Hardjodikoro, Purwa Caraka dan Frans Sartono.

Kelainan down syndrome pertama kali ditemukan oleh Dokter dari Inggris, John Langdon Down pada 1866. Normalnya, manusia memiliki 23 pasang kromosom, sehingga menjadi total 46 buah kromosom. Sementara pada anak down syndrome terdapat kelebihan satu kromosom.Kelainan ini menyebabkan lambatnya pertumbuhan fisik dan mental penyandangnya. (ika/ce1/JPC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here