SHARE

Dapur rumah milik pasangan Engkus dan Kokom di Dusun Sukahurip RT/RW 05/03 Desa Sukaresik Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis terbawa longsor, Senin (11/4/2022) sekitar pukul 16.00. Beruntung dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa hanya kerugian meteri.

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis Ade Waluya mengatakan, akibat bencana longsor tersebut rumah korban, khususnya bagian dapurnya terbawa longsor.

“Penyebabnya tebing bagian belakang dapurnya terus menerus hujan hingga terkikis dan terjadi longsor. Untuk kerusakan hanya dapur namun diimbau juga penghuninya mengungsi karena kalau hujan terus menerus bisa kapan saja terjadi longsoran lagi,” kata dia, menjelaskan.

Ade menambahkan, saat ini hujan terus menerus turun dengan intensitas yang tinggi, makanya bagi masyarakat harus waspada. Karena di Ciamis ini bencana yang kompleks bisa longsor, pergerakan tanah, banjir luapan selokan atau sungai bahkan angin kencang dan puting beliaung.

“Tentunya semua masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan mengingat saat ini cuaca yang ektrim,” paparnya.

Kabid Darlog BPBD Ciamis Memet Hikmat mengatakan, BMKG selalu rutin memberikan imbauan terkait kondisi cuaca di Ciamis yang belum menentu. Di mana ketika pagi sampai siang cerah, namun saat memasuki sore dan malam curah hujan selalu tinggi.