Beranda Banjar Debat Publik Bisa Tekan Golput, Pilih Calon Atas Dasar Visi...

Debat Publik Bisa Tekan Golput, Pilih Calon Atas Dasar Visi Misi dan Program Kerja

12
0
BERBAGI
Sidik Firmadi SIP MIP

BANJAR – Pemerhati Politik Kota Banjar Sidik Firmadi SIP MIP mengatakan ajang debat publik dalam kontestasi politik telah umum dilaksanakan di berbagai daerah. Pelaksanaannya setidaknya memiliki tiga manfaat. Pertama, debat publik membuat demokrasi menjadi sehat.
“Artinya, pesta demokrasi tingkat di Kota Banjar menjadi wadah untuk beradu visi dan misi, program kerja, serta gagasan untuk membangun daerah bagi masing-masing pasangan calon,” ujarnya kepada Radar, Sabtu (31/3).
Kedua, debat publik juga bermanfaat untuk menekan angka golput. Kegiatan itu diharapkan dapat membuat masyarakat yang berniat golput berpikir ulang dan menentukan pilihannya.
Ketiga, debat publik dapat membentuk masyarakat menjadi pemilih yang rasional. Salah satu ciri pemilih rasional adalah memilih dengan mempertimbangkan visi dan misi serta program kerja dari pasangan calon. “Berharap kepada KPU Kota Banjar untuk menyusun tema atau materi dalam debat publik sesuai dengan isu-isu krusial yang dibutuhkan masyarakat Kota Banjar. Baik dari segi ekonomi, kesejahteraan, pendidikan, kesehatan, pertanian dan yang lainnya,” jelasnya.Debat publik, kata dia, dapat benar-benar memberikan gambaran kepada masyarakat tentang sosok calon yang tepat untuk memimpin Kota Banjar. Sebab, dalam debat publik biasanya telah disusun tema atau materi sesuai dengan permasalahan dan tantangan daerah yang harus segera diselesaikan. Nantinya, masyarakat dapat menilai pasangan calon yang memiliki solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan dan tantangan tersebut. (nto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here