Beranda Tasikmalaya Diaudit, Pemkab Targetkan Kembali Raih WTP

Diaudit, Pemkab Targetkan Kembali Raih WTP

6
0
BERBAGI
KUNJUNGAN. BPK Perwakilan Jawa Barat berkunjung ke Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya jelang audit tahun anggaran 2017, Selasa (3/4). (Foto : DISKOMINFO FOR RADAR TASIKMALAYA)

TASIK – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Jawa Barat akan segera melakukan audit Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya tahun anggaran 2017 selama 35 hari ke depan.

Hal itu diungkapkan Inspektur Kabupaten Tasikmalaya Dr H Iwan Saputra SE kepada wartawan di Pendpo Lama usai menerima rombongan BPK, Selasa (3/4).

Iwan menjelaskan kunjungan BPK berkaitan dengan akan dilakukannya pemeriksaan regular berkaitan dengan laporan keuangan pemerintah.

Ini merupakan audit lanjutan yang akan dilaksanakan 35 hari ke depan, sedangkan untuk audit intern sudah dilakukan. Nantinya yang akan diaudit adalah menguji kehandalan sistem pengendalian intern pemerintah, seperti kepatuhan.

Termasuk melakukan pengujian fisik bangunan dan transkasi yang ada pada laporan keuangan. “Jadi transaksi yang sudah dilakukan akan dilihat, apakah transaksi tersebut normatif atau bagaimana, hasil pemeriksaan BPK nanti,” bebernya.

Kepemilikan aset Kabupaten Tasikmalaya juga tidak akan luput dari pemeriksaan BPK. Maka dari itu, semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk mempersiapkannya sebaik mungkin.

Iwan berharap pasca pemeriksaan yang dilakukan BPK, Kabupaten Tasikmalaya bisa kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang sudah tiga tahun berturut-turut diraih. “Mudah-mudahan dengan kerja dan ikhtiar bersama, WTP bisa kembali diraih,” katanya.

Memang untuk bisa kembali meraih WTP tidak mudah. Apalagi saat ini meraih opini tersebut dipengaruhi juga hasil pemeriksaan laporan keuangan pemerintah desa.

Mengingat semua laporan keuangan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya akan dilampirkan. “Dan laporan keuangan desa tidak bisa dipisahkan dari laporan keuangan pemerintah daerah,” bebernya. (ujg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here