Beranda Info Dewan Dinas Kominfo Corong Informasi Masyarakat

Dinas Kominfo Corong Informasi Masyarakat

12
0
BERBAGI
Drs H Ate Tachjan Anggota Komisi III DPRD Kota Tasikmalaya

INDIHIANG – Tahun 2017 lalu Kota Tasikmalaya memiliki beberapa dinas atau organisasi perangkat daerah (OPD) baru. Ada OPD yang memang baru dibentuk, ada juga OPD yang naik tingkat dari kantor menjadi dinas. Seperti Kantor Lingkungan Hidup menjadi Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Komunikasi dan Informatika yang merupakan pecahan dari Dinas Perhubungan serta beberapa dinas lainnya.

Dengan adanya dinas-dinas tersebut, anggota Komisi III DPRD Kota Tasikmalaya H Ate Tachjan berharap bisa menunjukkan kinerja lebih optimal lagi. Masing-masing dinas harus bisa bersinergi dan berkoordinasi dalam mendukung setiap program pemerintah dan memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat.

Salah satunya, kata Ate, Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai corongnya pemerintah, di mana segala data dan informasi mengenai Kota Tasikmalaya harus terkumpul di Dinas Komunikasi dan Informatika.

“Semua stakeholder harus bersinergi, kemudian dinas-dinas lain juga harus bisa bersinergi, kalau Kominfo minta data dari setiap dinas ya harus diberi. Karena apa, Kominfo sebagai corongnya Pemerintah Kota Tasikmalaya, kalau ada masyarakat yang perlu informasi apa pun tinggal ke Kominfo, begitu juga kalau DPRD butuh data, pasti carinya ke Kominfo, jadi semua harus bersinergi,” pesannya saat menghadiri Musrenbang Sektoral Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tasikmalaya belum lama ini.
Sebagai dinas baru, Kominfo belum memiliki gedung yang representatif, untuk itu DPRD mendorong agar segera memiliki gedung terpisah sehingga bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

“Banyak yang harus kita perhatikan di Kominfo, selain gedung, SDM-nya juga jangan asal dipindahkan supaya pekerjaan tidak terganggu, kemudian peralatan kerja juga dilengkapi, ya diusulkan ke DPRD mudah-mudahan nanti di perubahan bisa terealisasi,” tambah Ate.

Namun demikian, Ate pun berpesan kepada Dinas Kominfo tidak hanya melengkapi fasilitas dan gedung saja, akan tetapi hal-hal lain yang menjadi tugas dinas harus diperhatikan. Salah satunya saat ini banyak tower-tower yang sudah habis izinnya, supaya tidak diberi izin terlebih dahulu, tapi bagaimana Kominfo bisa mengelolanya dengan baik.

“Tugas pokoknya juga harus diperhatikan, seperti izin tower itu, banyak yang mau habis cobalah dikelola dengan baik sehingga bisa jadi pendapatan pemerintah,” pungkasnya. (tin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here