Beranda Rakyat Garut Disdukcapil Percepat Penyelesaian E-KTP

Disdukcapil Percepat Penyelesaian E-KTP

10
0
BERBAGI
Evip Zulvikar Malik A

GARUT – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Garut akan mempercepat penyelesaian perekaman dan pencetakan E-KTP. Sehingga, penduduk bisa menggunakan hak pilihnya di Pilkada nanti.
“Kami melakukan percepatan percetakan per hari itu bisa mencapai kisaran tiga sampai empat ribu (E-KTP),” ungkap Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Di­sdukcapil Kabupaten Garut Evip Zulvikar Malik A SSos MSi ditemui di kantornya Kamis (29/3).
Menurut dia, saat ini ada sekitar 182 ribu penduduk yang akan menjadi sasaran program percepatan pem­buat­an E-KTP. Pihak­nya telah mengi­­nstruksikan seluruh kecamatan un­tuk segera me­nyelesaikan pro­ses perekaman data. Setelah perekaman selesai, masyarakat bisa menikmati layanan dari pe­merintah lewat mobil keliling, khu­sus untuk pencetakan E-KTP.
“Data dari Disdukcapil sudah disebar ke pihak kecamatan. Tinggal pihak kecamatan berkoordinasi dengan desa untuk menghimpun warganya yang belum melakukan perekaman,” jelasnya.
Kepala Seksi Pengolahan dan Penyajian Data Kependudukan Disdukcapil Kabupaten Garut M Refqi Fauzi Al Ahsani SE menambahkan dari rilis pemerintah pusat, jumlah warga Garut yang harus memiliki E-KTP menjelang pilkada sebanyak 1.594.022. Sedangkan per tanggal 28 Maret 2018, jumlah warga yang sudah direkam datanya mencapai 1.574.818 orang.
“Semua kecamatan sedang melakukan percepatan perekaman. Kita sudah berupaya semaksimal mungkin supaya Pilkada nanti semuanya bisa menyalurkan hak suaranya,” ungkap dia.
Dia optimis akan dapat menyelesaikan perekaman dan pencetakan sisa E-KTP tepat waktu. Hal tersebut dilandaskan pada peningkatan jumlah penduduk yang melakukan perekaman data setiap hari.
“Seiring berjalannya waktu kita pasti bisa menyelesaikan sebelum Pilkada. Mayoritas yang belum melakukan perekaman itu didominasi oleh pemilih pemula,” terangnya. (mg3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here