Beranda Ciamis DPRD Akan Buat Perda Pasar Desa

DPRD Akan Buat Perda Pasar Desa

54
0
BERBAGI
TITO ACHMAD SH

CIAMIS – Pemerintah Kabupaten Ciamis berencana mengelola pasar desa lebih serius. Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) di DPRD akan segera membuat aturannya. Tujuannya mengakselerasi ekonomi desa melalui pasar.

Anggota Bapemperda H Tito Achmad SH mengatakan saat ini pihaknya tengah mengkaji bagaimana mengakselerasi pasar desa. Dari 27 kecamatan hanya empat desa yang memiliki pasar.

“Dalam waktu dekat kita akan melahirkan Perda tentang Pengelolaan Pasar Desa,” ucap Tito saat dihubungi melalui telepon Minggu (8/4).

Vote

Dengan pengelolaan yang serius, kata dia, pasar desa akan mampu berkompetisi dengan pasar modern. Tinggal keseriusan pemerintah mengelola.

“Kami rasa pemerintah harus hadir membantu, minimal dari reputasi dari segi manajemen. Karena masing-masing (pasar) desa manajemennya tidak jelas,” tandasnya.
Saat ini, kata dia, pengelolaan pasar desa tidak jelas. Hanya diurus himpunan pedagang pasar. Aturannya juga hanya mengandalkan SK kepala desa. Tidak ada regulasi pasti. Hal itu membuat pengelolaan menjadi semrawut.

“Namun, kalau sudah ada regulasi kita akan arahkan ke BUMDes (Badan Usaha Milik Desa),” ucapnya.

Ketidakjelasan itu menurut dia, membuat pasar desa terombang-ambing. Kalah oleh pasar modern. Perbankan juga tidak bisa memberi pinjaman modal, karena manajemen pasarnya tidak jelas.

“Jadi, dikit -dikit orang kampung ke Jogja, ke minimarket. Jadi, orang belanja setiap saat ke minimarket, maka uangnya kabur tidak beredar ke daerah. Justru uangnya kaburnya ke Jakarta,” ucapnya.

“Saat ini Perda Pasar Desa lagi pembuatan raperda. InsyaAllah, akhir tahun 2018 ini bisa digulirkan pengelolaan pasar desa. Itu yang akan memberikan arah kebijakan tentang bagaimana akselerasi, kegiatan ekonomi masyarakat di desa melalui perda itu sendiri,” sambungnya. (isr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here