Beranda Banjar Dua RTH Akan Dibangun Tahun Ini

Dua RTH Akan Dibangun Tahun Ini

14
0
BERBAGI
SITE PLAN. Kepala Bidang Pertamanan dan Pengolahan Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjar Dedi Sudrajat menunjukkan site plan RTH Batu Lawang di ruang kerjanya Selasa (3/4).

BANJAR – Tahun ini, rencananya dua ruang terbuka hijau (RTH) dibangun di Kota Banjar. Satu di perbatasan Banjar-Ciamis tepatnya dekat gapura Batu Lawang. Satu lagi di pinggir Sungai Citanduy di area Pusdai.

“Kami saat ini sedang proses penyusunan rencana, termasuk pemantapan site plan. Untuk desainnya kita dibantu dosen ahli landscape dari ITB,” kata Kepala Bidang Pertamanan dan Pengolahan Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjar Dedi Sudrajat di ruang kerjanya Selasa (3/4).

RTH di Batu Lawang, kata dia, membutuhkan anggaran sekitar Rp 5 miliar. Rencananya anggaran akan digelontorkan dari APBD Provinsi Jawa Barat secara bertahap. Sedangkan RTH di sekitar Pusdai membutuhkan anggaran sekitar Rp 2 miliar.

“Dua-duanya sama dari APBD Provinsi. RTH yang dekat Pusdai itu paling satu tahap karena anggarannya juga diperkirakan sebesar Rp 2 miliar,” kata Dedi.

RTH di Batu Lawang, terang dia, konsepnya akan seperti rest area. Dimana pengendara yang melintas di jalur nasional penghubung Kabupaten Banjar, Ciamis dan Pangandaran bisa menikmati fasilitas RTH nantinya.

Sementara untuk RTH di Pusdai, konsepnya lebih mengedepankan taman hiburan bagi masyarakat. RTH Pusdai akan dilengkapi dengan tanaman-tanaman hias, air terjun, labirin, wahana bermain anak hingga tempat untuk ber-swafoto dengan background Sungai Citanduy.

“Fungsinya selain sebagai RTH juga menjadi fasilitas hiburan atau wisata keluarga yang mudah dijangkau. Saat ini kan di pusat kota kalau gak ke alun-alun paling di Taman Kota. Nah nanti ada juga RTH di pinggir Sungai Citanduy yang mengelilingi gedung Pusdai,” katanya.

Pihaknya mengaku masih butuh beberapa penggodokan site plan. Rencananya April pembuatan dua RTH ini sudah masuk proses lelang.

“Pertama dikonsep dulu, setelah tahap site plan selesai baru masuk ke konstruksi. Untuk target tergantung lancar atau tidaknya anggaran,” jelasnya.

Sementara itu, dijelaskannya, dalam satu wilayah pemerintahan, butuh sebanyak 30 persen RTH. Saat ini, di Kota Banjar baru terealisasi sekitar 24 persen. Namun jika dua RTH selesai dibangun, akan memenuhi 26 sampai 27 persen RTH.

“Ada juga RTH yang saat ini belum selesai pembangunannya. Jika dikalkulasikan semua RTH selesai dibangun akan memenuhi 30 persen,” tuturnya. (mg4)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here