Beranda Tasikmalaya Empat Fraksi Minta Perda Anak Direalisasikan

Empat Fraksi Minta Perda Anak Direalisasikan

9
0
BERBAGI

EMPAT Fraksi DPRD Kabupaten Tasikmalaya menyatakan sepakat bahwa kabupaten harus segera merealisasikan peraturan daerah (perda) tentang anak. Karena perda tersebut bertujuan untuk meminimalkan kasus yang melibatkan anak.
Ketua Fraksi Partai Demokrat Kabupaten Tasikmalaya Ferry Willyam ST mengatakan sangat setuju dibuatnya perda tentang anak. Apalagi saat ini belum tersedia peraturan daerah yang melindungi anak dalam berbagai hal. “Sebenarnya di pusat sudah ada Undang-Undang tentang Perlindungan Anak, tinggal di daerah membuat peraturan turunannya yang disesuaikan dengan sering terjadinya kasus di daerah,” ujarnya kepada Radar, Senin (2/4). Fraksi Partai Demokrat akan sangat mendorong supaya perda tentang anak bisa segera direalisasikan.
Menurutnya, dengan hadirnya perda tersebut jelas akan bisa meminimalkan angka kekerasan atau pelecehan seksual terhadap anak, yang belakangan ini sering terjadi. “Kami meminta kepada pemerintah untuk segera membuat perda tentang anak,” paparnya.
Ketua Fraksi Partai Golkar Kabupaten Tasikmalaya Hj Nina Supriatin SE juga sangat mendorong pemerintah untuk merealisasikan perda tentang anak. Apalagi saat ini kasus yang melibatkan anak terus terjadi, maka dari itu pemerintah harus segera bertindak untuk memutus mata rantai permasalahan ini. “Fraksi Golkar sangat mendorong perda anak sesegera mungkin direalisasikan, karena ini sangat penting bagi keberlangsungan hidup dan melindungi anak,” katanya.
Hak anak untuk bermain, belajar dan mendapatkan kasih sayang harus diperjuangkan. Jangan sampai hak anak hilang dengan munculnya perilaku-perilaku yang tidak sesuai norma. “Kalau ada kekerasan fisik maupun seksual itu pasti anak akan trauma. Maka dari itu masa depannya harus kita selamatkan, salah satu upayanya dengan menghadirkan perda tentang anak,” ungkap Nina.
Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Kabupaten Tasikmalaya H Cecep Ruchimat (HCR) mengatakan keberadaan perda tentang anak sangat diperlukan sekali, sehingga ada aturan jelas dalam melindungi hak anak. “Kami dari Fraksi Partai Gerindra akan mengawal perda tentang anak supaya bisa benar-benar direalisasikan,” ucapnya.
Dengan hadirnya perda, nantinya mengatur hukuman yang diberikan kepada pelaku kasus anak. Sehingga pelaku akan mempunyai efek jera ketika melakukan kekerasan atau pelecehan seksual kepada anak. “Kami harapkan juga sanksi yang diberikan dan dicantumkan dalam perda tersebut harus tegas supaya muncul jera,” harapnya.
Tempat yang sama, Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) H Jejeng Zaenal Mustofa SHi MSi menjelaskan sudah tidak ada alasan lagi bagi pemerintah belum merealisasikan perda tentang anak. “Selain perda, banyaknya kasus yang melibatkan anak harus menjadi perhatian khusus bagi orang tua untuk memberikan pengawasan lebih kepada anak-anaknya,” tegasnya. (dik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here