SHARE
SILATURAHMI. Para pengurus Forum Margo Rukun mengikuti halalbihalal dan silaturahmi di Gerung Serbaguna DPRD Kota Tasikmalaya, Minggu (22/5/2022).RANGGA JATNIKA/RADARTASIKMALAYA.COM

RADARTASIKMALAYA.COM – Kota Tasikmalaya memiliki masyarakat yang heterogen di mana berbagai etnis tinggal di dalamnya. Salah satunya suku Jawa yang jumlahnya mencapai ribuan.

Etnis suku Jawa tersebut tergabung dalam Forum Margo Rukun Kota Tasikmalaya. Mereka berkumpul dan bersilaturahmi di Gedung Serbaguna DPRD Kota Tasikmalaya, Minggu (22/5/2022).

Ketua Forum Margo Rukun, Sugiarto mengatakan saat ini ada sekitar 5.000 orang etnis Jawa di Kota Tasikmalaya. Sebagian merupakan perantau, namun ada juga yang lahir dan besar di Kota Tasikmalaya. ”Kita mungkin etnis terbanyak (selain Sunda),” ujarnya kepada Radar.

Sejak pandemi melanda, komunikasi secara langsung sempat vakum. Setelah wabah Covid-19 mereda, mereka pun baru bisa kembali menyelenggarakan kegiatan. ”Jadi kita bangun lagi kekuatan dengan silaturahmi ini,” ucapnya.

Terbangunnya kelompok etnis Jawa ditujukan agar bisa berkontribusi untuk Kota Tasikmalaya lebih baik. Meskipun mereka memiliki etnis Jawa, pada prinsipnya mereka sudah menjadi warga Kota Resik ini. ”Forum ini sudah dibentuk sejak tahun 2001, semakin ke sini jumlahnya semakin banyak,” katanya.

Hal ini dengan memberdayakan anggota dan pengurus yang hampir ada di setiap kalangan. ”Dari mulai tukang becak, pengusaha, PNS dan juga anggota DPRD ada, kita ingin dorong pembangunan IPM (Indeks Pembangunan Manusia),” ujarnya.