Beranda Tasikmalaya Evakuasi Korban Tenggelam Menggunakan Pancingan
Husni Meninggal Setelah Selamatkan Lima Temannya

Evakuasi Korban Tenggelam Menggunakan Pancingan

82
0
BERBAGI

CIKALONG – Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Desa Sindangjaya berhasil mengevakuasi Husni (15) warga Kampung Bantarpari RT/RW 03/01 korban tenggelam di Sungai Cimedang dengan menggunakan pancingan, Sabtu (14/4).

Tidak tanggung-tanggung benang yang digunakan dengan jenis PE dengan kekuatan menarik hingga 40-50 kilogram dengan joran Popping. Evakuasi korban dilakukan setelah tidak ada yang berani menyelam Sungai Cimedang dengan kedalaman hampir Sembilan meter.

Alhasil Pokmaswas mengambil langkah dan mencoba untuk melakukan evakuasi korban dengan menggunakan pancingan. Tiga perahu motor disiapkan untuk memutar mencari kebradaan korban tenggelam. “Hampir dua jam berlalu korban tidak kunjung ditemukan.

Vote

Kami mulai prustasi dan putus asa. Tapi tidak lama, Oga (37) (anggoa Pokmaswas) berteriak karena pancingannya menyangkut sesuatu. Setelah ditarik ternyata benar korban tenggelam berhasil ditemukan sekitar pukul 17.00. Pasca ditemukan jasad korban sudah kaku,” ujar Ketua Pokmaswas Ajat Sudrajat saat dihubungi Radar, Senin (16/4).

Ajat yang juga pemandu wisata mancing Sungai Cimedang mengatakan Husni tenggelam sektiar pukul 14.00, Sabtu (14/4). Awalnya korban sedang bermain di sungai bersama lima temannya. Kemudian naik perahu kayu untuk menyebrang sungai. Perahu dinaiki oleh tiga orang, yang kedua kalinya perahu dinaiki enam orang dan mengakibatkan overload hingga tenggelam. “Dari enam korban tenggelam hanya Husni yang biasa berenang. Dia berhasil menyelamatkan lima temannya yang tidak bisa berenang. Korban tenggelam (hingga meninggal, Red) mungkin kehabisan napas,” terangnya.

Lima korban lainnya tidak mengalami luka serius. Mereka hanya trauma atas kejadian yang menimpanya. Apalagi Husni yang sudah menyelematkan mereka meninggal karena tenggelam.

Ajat berharap kepada siapa pun yang akan melakukan wisata mancing atau hanya melihat pemandangan untuk hati-hati. Apabila akan ada kegiatan, Pokmaswas siap membantu dan me­nemani dari segi keamanan. (yfi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here