Beranda Kota Tasik Evaluasi Pendidikan Agama Siswa

Evaluasi Pendidikan Agama Siswa

10
0
BERBAGI
RANGGA JATNIKA / RADAR TASIKMALAYA LOMBA. Salah seorang peserta pildacil menunjukkan kebolehannya dalam perlombaan PAI yang diselenggarakan KKG PAI Kota Tasikmalaya, Sabtu (31/3).

TASIK – Kelompok Kerja Guru (KKG) Pendidikan Agama Islam (PAI) Kota Tasikmalaya menyeleksi potensi keagamaan siswa dengan perlombaan. Hal ini juga merupakan cara mengevaluasi proses pembelajaran.
Perlombaan tersebut dilaksanakan di lingkungan SD Pengadilan Kecamatan Tawang, Sabtu (31/3). Beberapa mata lomba yang dilaksanakan yakni kaligrafi, tahfiz, MTQ dan pildacil putra dan putri.
Ketua KKG Kota Tasikmalaya Caswita menjelaskan perlombaan tersebut sebagai sarana evaluasi siswa dalam menangkap pelajaran agama Islam yang sudah sampaikan di sekolah. Sehingga bisa terlihat tolok ukur capaian dan kekurangan dari proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). “Jadi kalau ada yang kurang bisa diperbaiki,” ungkapnya.
Perlombaan tersebut diikuti oleh 250 peserta yang merupakan pelajar dari 10 kecamatan di Kota Tasikmalaya. Mereka merupakan peserta yang sudah lolos seleksi di tingkat kecamatan yang sudah diselenggarakan sebelumnya. “Setelah ini nanti para juara mewakili Kota Tasik untuk tingkat provinsi yang akan dilaksanakan di Ciamis,” tuturnya.
Menurutnya, para siswa SD yang mendapat pelajaran agama yang cukup minim harus diberi porsi lebih banyak. Beda halnya dengan siswa madrasah yang mendapat pelajaran agama lebih intens dari sekolah umum. “Jadi siswa sekolah umum lebih butuh kegiatan seperti ini,” ujarnya.
Dia berharap kegiatan-kegiatan bernuansa religius bisa mendorong generasi penerus yang Islami. Karena tidak bisa dipungkiri perkembangan teknologi rentan memberikan efek negatif kepada masyarakat khususnya usia anak. “Kita harapkan mereka terhindar dari degradasi moral,” kata dia. (rga)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here