Beranda Kota Tasik Gugah Anak Muda, Prospek yang Menjanjikan

Gugah Anak Muda, Prospek yang Menjanjikan

9
0
BERBAGI
PELATIHAN. Puluhan peserta mengikuti Pelatihan Budidaya Ikan Gurame dan Nila di Kecamatan Cibeureum Tasikmalaya, Rabu (4/4). Pitri Siti Halimah / Radar Tasikmalaya

Dinas Pertanian dan Perikanan (Dispertan) Kota Tasikmalaya menggelar pelatihan budi daya ikan gurame dan nila di Kecamatan Cibeureum Jalan KH Khoer Affandi No 160, Rabu (4/4). Acara yang diikuti sekitar 80 peserta tersebut akan berakhir hari ini (5/4).

Sekretaris Kecamatan ( Sekmat) Cibeureum Nunu Nugraha mengatakan dilihat dari jejaknya, Cibeureum pernah menjadi penghasil ikan gurame. Namun, budi daya gurame merosot akibat bencana, penyurutan lahan dan lainnya. Selain itu juga karena faktor regenerasi.
Maka dari itu, pihaknya sangat mengapresiasi pelatihan budi daya ikan yang tahun sebelumnya juga diadakan. “Kebanyakan para peserta yang mengikuti pelatihan adalah pemula agar diharapkan juga menggugah generasi muda akan budi daya perikanan di Tasikmalaya,” terangnya kepada Radar di kantornya, Rabu (4/4).
Pemater H Dedi Heryadi SP menjelaskan pelatihan itu bertujuan agar ada perluasan informasi budi daya ikan gurame dan nila. Banyak masyarakat yang melakukan budi daya ikan tapi miskin ilmunya.
Dia melihat prospek perikanan sangat menjanjikan. Mulai budi daya hingga olahan komoditasnya juga banyak pilihan. “Melihat budi daya perikanan kalau ditekuni prospeknya bagus. Pilihan komoditas banyak. Tidak hanya ikan untuk di konsumsi, tapi juga ikan hias,” jelasnya.
Selain itu, terang dia, menjamurnya wisata kuliner di Tasikmalaya juga membuka peluang besar bagi pembudi daya ikan. Apalagi, pasokan ikan gurame untuk tasik masih mengandalkan dari luar daerah. Seperti Banjarnegara, Tulungagung. “Sebenarnya di Tasikmalaya ini potensi pasar sangat terbuka. Tinggal SDM-nya yang harus di kembangkan,” terangnya.
Heru H Permana (28), salah seorang peserta mengaku antusias mengikuti pelatihan itu. Karena memberikan banyak pengetahuan. “Bagus menjadikan bisa berwirausaha, mendapat pengetahuan pembudidayaan,” terang warga Pangadegan ini. (mg2)

Vote

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here