Beranda Kota Tasik Ingin Pertahankan Kota Peduli HAM

Ingin Pertahankan Kota Peduli HAM

40
0
BERBAGI

SOLO – Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya menyerahkan cendera mata dan penghargaan kepada Kelompok Kerja Rencana Aksi Nasional HAM (Pokja Ran-HAM) atas dedikasi dan kinerjanya mengantarkan pemkot meraih penghargaan sebagai Kota Peduli HAM lima tahun berturut-turut (2012-2017).

Kepala Bagian (Kabag) Bantuan Hukum dan Kerja Sama Daerah Kota Tasikmalaya H Andi Abdullah menjelaskan di 2018, tantangan pemkot untuk meraih prestasi tersebut ke enam kalinya tidaklah mudah. Sebab, tahun ini indikator capaian HAM mencakup lima aspek baru. “Indikator murni yakni pemenuhan 10 hak dasar memang sudah wajib dilaksanakan. Namun 5 poin indikator ini pun kalau tidak terpenuhi bisa jadi rapor merah,” ujarnya kepada Radar, Kamis (29/3).

Dia merinci indikator untuk pe­nilaian HAM 2018 yakni, pertama per­sebaran guru di daerah. Kedua, pe­nyediaan sarana ruang atau tem­pat menyusui di tempat kerja baik pemerintahan maupun swasta.

Vote

Ketiga pendataan, penyediaan dan penanganan disabilitas. Keempat, harmonisasi produk hukum (Perda, Perwalkot dan Keputusan Wali Kota). Kelima pendataan dan tindak lanjut pelayanan komunikasi masyarakat (Yankomnas).

“Untuk itu perlunya sinergitas seluruh stakeholder. Termasuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam menyikapi Ran-HAM tidak semata sampai tahapan nilai-nilai semata. Namun dituangkan dalam realisasi program kerja,” harapnya.

Untuk indikator baru yakni persebaran guru itu sekolah umum maupun diniah. Nantinya dilihat jumlah tenaga pendidik berstatus sukwan maupun PNS, jumlah sekolah dan guru.

Hal ini jadi penentu memadai atau tidaknya jumlah pendidik dan lembaga pendidikannya. “Sama juga penyediaan sarana menyusui harus riil.

Saat ini memang baru ada di instansi pemerintah itu RSUD. Kemudian dalam menindaklanjuti laporan atau pengaduan masyarakat terkait pelayanan publik melalui Yankomnas harus terdokumentasi. Arsip surat dan lain sebagainya tidak boleh hilang,” tandasnya. (igi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here