SHARE
Untuk itu mencari strategi dengan kolaborasi dengan Dinas Sosial melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) ataupun Program Indonesia Pintar (PIP) sehingga menaikkan data siswa miskin yang menerima bantuan.” Ir Hj Ely Suminar MP Kadisdik Kota Tasikmalaya

RADARTASIKMALAYA.COM – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Tasikmalaya Hj Ely Suminar diminta sadar akan posisinya sebagai pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD). Tanggung jawabnya bukan hanya mengurusi internal pegawai saja.

Hal itu diungkapkan aktivis pemuda Kota Tasikmalaya Arief Abdul Rohman. Dia menyebut pimpinan OPD punya tanggung jawab bukan hanya mengurus internal pegawai. Namun perlu ada konsolidasi dan komunikasi lintas OPD serta pihak eksternal lainnya. ”Pemimpin sudah seharusnya mampu menjalin hubungan baik juga dengan mitra-mitra di luar,” tuturnya, Jumat (27/5/2022).

Menurut dia, Disdik, yang lingkup kerjanya menyentuh seluruh lapisan masyarakat, ketika ada kekurangan atau ada persoalan sangat mudah menjadi sorotan publik. ”Lingkupnya tidak sebatas Kantor Disdik, sekolah dan pemkot,” ucapnya.

Pemuda yang juga kader Golkar itu menilai saat ini Kadisdik terlalu fokus dengan urusan kantor. Dengan demikian, komunikasi dengan eksternal masih harus dioptimalkan. ”Bukan tidak boleh memperhatikan kinerja pegawai, tapi bangun juga sinergitas dengan eksternal,” katanya.

Jika seorang pimpinan OPD mengabaikan hubungan dengan eksternal, maka kinerja sebagus apa pun tidak akan jadi citra positif di mata publik.