SHARE
Diskominfo Kota Tasikmalaya MENYIMAK. Wali Kota Tasikmalaya H Muhammad Yusuf saat menyimak arahan Presiden RI Joko Widodo dalam Rakornas Pengawasan Intern Pemerintah di command center, Selasa (14/6/2022).

BUNGURSARI, RADSIK – Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya berkomitmen mengatrol belanja produk dalam negeri sesuai arahan Presiden Joko Widodo pada Peresmian Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2022, Selasa (14/6/2022).

Wali Kota Tasikmalaya H Muhammad Yusuf mengakui selama ini pihaknya masih membutuhkan sejumlah produk dari luar negeri. Terutama berkaitan produk elektronik, serta alat kesehatan yang notabene belum diproduksi secara lengkap di tanah air. Namun, kebutuhan pemerintah lainnya, sudah memprioritaskan produk lokal baik dalam negeri atau daerah sendiri.

”Pak Presiden dalam rakornas menekankan produk dalam negeri diprioritaskan pada setiap kegiatan pengadaan barang jasa pemerintah. Memang saat ini belum seluruhnya, ada sebagian dalam negeri sisanya impor,” kata Yusuf usai menghadiri rakornas secara virtual di command center, Selasa.

Dia mencontohkan ada sejumlah barang yang memiliki kekhususan, terpaksa didatangkan dari luar negeri. Terutama peralatan kesehatan, lantaran tidak semua produsen dalam negeri membuat unit tertentu. Termasuk elektronik yang selama ini masih bergantung dari teknologi luar negeri. ”Bahkan ada yang sampai ketahuan, luarnya merek dalam negeri mesinnya buatan luar. Itu kan memang sulit ya, tapi kita di daerah berupaya menindaklanjuti anjuran tersebut supaya produsen lokal semakin berdaya dan produk dalam negeri semakin dicintai,” ujarnya.