Beranda Rakyat Garut KITE IKM Bisa Turunkan Biaya Produksi

KITE IKM Bisa Turunkan Biaya Produksi

15
0
BERBAGI

TAROGONG KIDUL – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Tasikmalaya menyosialisasikan layanan Kemudahan Impor Tujuan Ekspor untuk Industri Kecil dan Menengah (KITE IKM) kepada para penyamak kulit di Garut.

Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean C Tasikmalaya Ir Noviandi mengatakan sosialisasi itu bertujuan mendorong pelaku IKM agar lebih berkembang.

Sekaligus, meningkatkan daya saing di tingkat internasional. Fasilitas KITE IKM memotong mata rantai pasokan bahan baku industri yang selama ini dipegang importir.

Vote

“Dengan fasilitas ini, pelaku industri bisa mendatangkan langsung bahan baku tersebut sendiri tanpa melalui tangan orang lain, dengan bea masuk dan PPN impor dibebaskan,” terangnya dalam sosialisasi di Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Garut Selasa (3/4).

Dengan begitu, lanjut dia, pelaku industri tidak perlu lagimengeluarkan banyak biaya untuk membeli bahan baku impor. Efeknya, harga produk IKM akan semakin kompetitif lantaran terjadi penghematan ongkos bahan baku.

Noviandi menambahkan fasilitas KITE IKM merupakan bagian terintegrasi dalam upaya menciptakan sistem logistik yang efektif dan efisien. Dengan fasilitas ini, akses impor dan ekspor IKM diperluas.

“Kalau pelaku industri di Garut ada yang ingin menggunakan fasilitas KITE IKM, langsung saja mengajukan permohonan ke Kantor Bea Cukai Tasikmalaya. Kami dengan senang hati akan memberikan pendampingan kepada IKM yang ingin menggunakan fasilitas ini,” paparnya.

Ketua Asosiasi Penyamak Kulit Indonesia (APKI) Garut Sukandar mengatakan fasilitas KITE IKM sangat diharapkan. Sebab, bahan baku untuk mengolah kulit selama ini kebanyakan impor.

“Selama ini yang jadi masalah kami ini dari bahan baku yang diimpor. Harganya mahal. Sehingga, berdampak dengan penjualan hasil produksi. Sekarang dengan adanya fasilitas ini, kami merasa terbantu,” terangnya.

Dia berharap fasilitas itu bisa dijalankan secepatnya. Sebab akan sangat membantu menurunkan biaya produksi.

“Kami mohon kepada Disperindag untuk secepatnya mem-follow up hasil pertemuan ini dengan Bea Cukai, karena manfaatnya sangat besar sekali,” pintanya. (yna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here