Beranda Kota Tasik KITE IKM Dorong Lompatan Ekspor

KITE IKM Dorong Lompatan Ekspor

17
0
BERBAGI
SILATURAHMI. Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean C Ir Noviandi bersama Budi Mulyadi Ismail Hakim saat kunjungan ke ke Graha Pena Radar Tasikmalaya, kemarin (28/3). (Foto : Lisna Wati / Radar Tasikmalaya)

TASIK – Untuk membangkitkan aktivitas ekspor di Tasikmalaya. Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Tasikmalaya memberikan fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor Industri Kecil dan Menengah (KITE IKM). Hal ini diungkapkan Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean C Ir Noviandi saat kunjungan ke Graha Pena Radar Tasikmalaya, Rabu (28/3).

“KITE IKM merupakan fasilitas pembebasan bea masuk dan tidak dipungut PPN (Pajak Pertambahan Nilai) untuk IKM yang impor bahan baku,” ujar Noviandi yang didampingi stafnya Budi Mulyadi dan Ismail Hakim.

Fasilitas KITE IKM ini merupakan bagian dari paket ekonomi jilid I yang menyasar industri kecil dan menengah. Barang-barang yang mendapat fasilitas KITE IKM merupakan bahan baku atau bahan penolong, mesin, atau barang contoh yang digunakan dalam menunjang proses produksi untuk nantinya diekspor kembali.

“Fasilitas KITE IKM diharapkan menjadi jawaban untuk mendorong terjadinya lompatan ekspor,” ujarnya.

Dengan memanfaatkan fasilitas KITE IKM, kata dia, bisa menekan biaya produksi 25 hingga 35 persen sehingga harga jual produk bisa ditekan dan bisa bersaing dengan produk luar.

Pada akhirnya, kata dia, hal ini akan menstimulus pelaku IKM untuk melakukan ekspor dan meningkatkan devisa negara.

Untuk mendapat fasilitas ini, sambungnya, pengusaha bisa langsung datang ke kantor Bea Cukai Tasikmalaya. “Semua layanan bea cukai ini gratis tanpa dipungut biaya,” tandasnya.

Salah satu perusahaan yang memanfaatkan fasilitas KITE IKM yakni PT Tjiwulan Putra Mandiri yang berlokasi di Kawalu. Industri garment ini mengekspor produknya ke Inggris dan Arab Saudi. ”Belum banyak IKM yang memanfaatkan fasilitas ini, kendalanya karena birokrasi dan mindset para IKM yang belum terbuka,” ujarnya.

Padahal, kata ia, KITE IKM ini diyakni mampu membangkitkan geliat ekspor nasional sehingga akan terjadi efek domino seperti penyerapan tenaga kerja, rupiah menguat dan ekonomi nasional pun menggeliat.

Owner PT Tjiwulan Putra Mandiri Undang Zarkasih mengatakan fasilitas KITE IKM ini sangat bermanfaat un­tuk mendukung kemajuan IKM di pasar global. (na)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here