Beranda Pangandaran Korupsi, Kades Sukaresik Dicopot

Korupsi, Kades Sukaresik Dicopot

25
0
BERBAGI
Jajat Supriadi

PARIGI – Kepala Desa Sukaresik Kecamatan Sidamulih berinisial IA telah resmi dipecat oleh Pemkab Pangandaran. Dia telah divonis bersalah atas kasus korupsi Bantuan Keuangan (Bankeu) Kabupaten Pangandaran 2014 sebesar Rp 87 juta.

“Jadi yang bersangkutan sudah divonis di pengadilan tipikor Bandung pada 13 November 2017 lalu dan salinannya baru kita terima bulan Maret. Yang bersangkutan dipidana satu tahun penjara dengan denda sebesar Rp 50 juta lebih dan harus mengganti kerugian sebesar Rp 87 juta lebih,” ujar Kabag Hukum Setda Pangandaran Jajat Supriadi kepada Radar, Rabu (28/3).

Jika yang bersangkutan tidak membayar denda maka akan diganti dengan satu bulan kurungan. Begitu pula dengan pembayaran uang pengganti kerugian negara. “Dalam pengadilan yang Rp 87 juta itu tidak termasuk memperkaya diri sendiri. Tapi tetap melakukan tindakan korupsi atau dakwaan primer tidak terbukti, tapi dakwaan subsidernya terbukti. Jadi istilahnya penyalahgunaan wewenang,” terangnya.

Vote

Menurut dia, yang bersangkutan telah diberhentikan mengacu kepada UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Di mana dalam pasal 43 disebutkan bahwa kepala desa yang diberhentikan sementara sebagai dimaksud dalam pasal 41 dan pasal 42, diberhentikan oleh bupati/walikota setelah dinyatakan sebagai terpidana berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai hukum tetap. “Berdasarkan pasal 44 , jika kepala desa diberhentikan sementara maka sekdes menjalankan tugas dan kewajiban kades untuk sementara waktu. Jika sudah resmi diberhentikan maka akan ditunjuk pejabat sementara atau Plt kalau sudah ada SK,” jelasnya.

Sampai saat ini, menurut dia, belum ada penunjukan langsung untuk pejabat sementara. Karena SK pemberhentian dari bupati belum turun. ”Nantinya plt tersebut akan menjabat sampai terpilihnya kades yang baru,” tuturnya.

Sebelumnya, dua orang PNS Pemkab Pangandaran dipecat secara tidak hormat karena melakukan tindak pidana korupsi dan dua orang diberhentikan secara terhormat tidak atas permintaan sendiri karena mangkir dari tugas. (den)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here