SHARE
ilustrasi rupiah

SINGAPARNA, RADSIK – Pemerintah Desa Cipakat Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) tahun anggaran 2022.

Sekdes Cipakat Asep Iwan Herniwan mengatakan, kegiatan ini guna meningkatkan kapasitas Linmas Desa Cipakat. Pemerintah desa senantiasa selalu menganggarkan dan melaksanakan pelatihan setiap tahun, termasuk juga pembaharuan tentang struktur keanggotaan sesuai dengan regulasi yang ada dengan diterbitkannya surat keputusan tentang keanggotaan Linmas.

“Adapun terkait anggaran yang didapatkan salah satunya dari program Dana Desa berupa kegiatan pemberdayaan kemasyarakatan di Desa Cipakat yaitu yang sedang kami laksanakan berupa pelatihan linmas ini,” ujarnya kepada Radar.

Asep menyebutkan, ke depan Linmas di Desa Cipakat menjadikan suatu lembaga yang unggul secara SDM dan mampu menjaga ketertiban umum, khsusunya untuk Desa Cipakat dan mampu mengayomi seluruh masyarakat, sehingga ketertiban keamanan dapat terjaga.

Saat ini, anggota Linmas yang sekarang sesuai SK Kepala Desa berjumlah 40 orang. Sebanyak 6 orang di antaranya memasuki masa purna bakti. Yang mengikuti latihan hari ini, bukan hanya laki-laki, melainkan ada juga perempuan. Kebetulan tahun 2022 ini merekrut juga linmas dari unsur perempuan yang ingin berkontribusi dan menjadi Linmas Desa Cipakat.