Beranda Ciamis Hindari Pertengkaran, Masyarakat Diimbau Menjaga Lisan

Hindari Pertengkaran, Masyarakat Diimbau Menjaga Lisan

52
0
BERBAGI
Ilustrasi Pembunuhan

CIAMIS – Pengamat Sosial H Jamiludin Hidayat SPd MSc mengaku prihatin dengan kasus pembunuhan yang terjadi di Kecamatan Purwadadi.

Gara-gara rebutan lahan garapan sesama operator traktor, Kamin (48) terbunuh di tangan Dir (22).

Menurut dia, pangkal utama dalam kasus itu adalah penghinaan yang dilontarkan korban kepada tersangka. Sakit hati membuat tersangka gelap mata dan melakukan pembunuhan.

Vote

Dia pun mengimbau masyarakat menjaga etika dan kesopanan antar sesama. Jangan melontarkan kata-kata yang dapat menyakiti perasaan lawan bicara.

“Semoga kejadian ini tidak berulang lagi di Kabupaten Ciamis. Tentu kita harus mendekatkan diri kepada Allah SWT,” katanya saat dihubungi Senin (16/4).

Pemerhati Keagamaan di Kabupaten Ciamis Ebeg Saepurrohman mengungkapkan hal serupa. Menurutnya, kasus pembunuhan di Kecamatan Purwadadi harus menjadi perhatian semua pihak. Kesalahan dalam ucapan dapat membuat lawan bicara terluka hatinya dan mendendam. Bahkan, bisa membuat gelap mata dan melakukan aksi pembunuhan.

“Semoga ini menjadi cerminan bagi kita semua agar selalu jaga lisan. Karena lisan, gara-gara ucapan lisan, bisa berakhir kepada pembunuhan,” tuturnya. (isr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here