Memahami Teori dan Perilaku Api

SIDAMULIH – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Pangandaran mengadakan kegiatan pelatihan rescue, Senin (9/4).

Kegiatan dipusatkan di kawasan Bumi Perkemahan Pamugaran, Pantai Barat Pangandaran dengan melibatkan petugas pemadam kebakaran, tim reaksi cepat, operator Pusdalops Penanggulangan Bencana dan petugas bidang logistik.

Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Dinas PKPB Kabupaten Pangandaran Gunarto mengatakan pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman petugas pemadam kebakaran dan tim rekasi cepat dan operator Pusdalops PB tentang pengetahuan kebakaran.

“Kami berharap informasi dan penggunaan peralatan yang berkaitan dengan penanggulangan kebakaran dapat semakin dipahami dan dikuasai oleh petugas,” ungkapnya.

Pihaknya juga berharap pelatihan tersebut dapat meningkatkan kemampuan petugas sehingga penanggulangan kebakaran dapat direspons secara cepat, tepat, akurat dan diselesaikan dengan selamat.

“Pelatihan ini diselenggarakan selama tiga hari dengan menghadirkan pemateri dari Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bandung,” ujarnya.

Gunarto menambahkan materi pembelajaran yang disampaikan yakni terkait teori api dan perilaku api, keselamatan petugas, pengetahuan dasar sistem proteksi kebakaran, peralatan unit mobil pompa dan formasi regu pemadam.

“Ada juga materi tentang prosedur pencarian dan tali temali,” terang dia. (nay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *