SHARE
LATIHAN. Kaum milenial asal Desa Cibalanarik dan Desa Cintajaya mengikuti latihan rutin yang dilaksanakan Perguruan Pencak Silat Macan Siliwangi di Padepokan PPMS Cintajaya, kemarin.

RADARTASIKMALAYA.COM – Perguruan Pencak Silat Macan Siliwangi di Padepokan PPMS Cintajaya Kecamatan Tanjungjaya terus melestarikan budaya bangsa untuk generasi penerus dengan menggelar kegiatan yang melibatkan para kaum milenial.

Ki Solihin, salah satu pelatih pencak silat mengatakan, anak muda yang berasal dari dua desa, yakni Desa Cibalanarik dan Desa Cintajaya ini selalu mengikuti latihan rutin sebanyak dua kali dalam jangka waktu seminggu. “Kaum milenial ini merupakan penerus yang berkewajiban untuk ikut menjaga dan melestarikan warisan budaya pencak silat ini. Sebab, beladiri pencak silat yang merupakan warisan budaya asli Indonesia sejak dari dahulu turun temurun dan dari generasi ke generasi,” ujarnya kepada Radar, Senin (25/5/2022).

Ki Solihin mengungkapkan, bahwa tradisi pencak silat bukan hanya sekadar bela diri, namun juga menjadi bagian dari jalan hidup bagi para pelakunya. Pencak silat mengajarkan untuk dapat menjalin hubungan yang baik dengan Sang Pencipta, sesama manusia dan lingkungan.

“Meskipun pencak silat mengajarkan teknik menyerang, namun yang terpenting adalah pencak silat juga mengajarkan untuk dapat menahan diri dan menjaga keharmonisan. Kami berkomitmen untuk senantiasa menjaga kelestarian pencak silat. Sebab, banyak nilai-nilai yang positif terkandung di dalam beladiri ini, di antaranya tentang etika, sopan santun dan disiplin,” ujar dia, menjelaskan.