SHARE
SELEKSI. Pemerintah Desa Manonjaya menyelenggarakan tes seleksi bagi calon perangkat desa.ISTIMEWA/radartasikmalaya.com

MANONJAYA, RADSIK – Sebanyak 11 peserta mengikuti seleksi calon perangkat desa yang diselenggarakan Pemerintah Desa Manonjaya Kecamatan Manonjaya, Kamis (16/6/2022). Hal itu dilakukan karena adanya kekosongan perangkat desa, sehingga harus diisi dengan cara diseleksi.

Ketua Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Perangkat Desa Manonjaya, Prihatna Yulianto SE mengungkapkan, di awal penjaringan sebanyak 27 peserta yang mendaftar. Yang mengembalikan formulir dengan persyaratan yang lengkap dan terverifikasi oleh panitia dan lolos untuk masuk tahap seleksi itu ada 11 orang.

“Dasar dari penjaringan dan penyaringan calon perangkat desa ini dikarenakan adanya kekosongan satu posisi perangkat desa yang memang sudah memasuki purnabakti,” ujarnya.

Kata dia, sebelum melakukan penjaringan calon peserta, pihaknya melakukan konsultasi terlebih dahulu ke pihak kecamatan. Kemudian setelah itu dibentuk panitia di desa. Setelah tahapan seleksi yang dilaksanakan, ada beberapa tes yang diberikan oleh panitia.

“Selanjutnya nilai tersebut direkap oleh panitia, dan untuk mekanisme dari semua calon perangkat desa diambil nilai yang terbaik. Dari sebelas peserta bersaing untuk mengisi jabatan Kasi Pemerintahan yang sekarang ini kosong lantaran perangkat sebelumnya sudah purnabakti. Meskipun hanya satu perangkat desa yang dibutuhkan, tetapi tahap seleksi tetap dilaksanakan,” ucapnya.