Beranda Ciamis Narapidana Diajak Memilih Bupati dan Gubernur

Narapidana Diajak Memilih Bupati dan Gubernur

16
0
BERBAGI
DIAJAK GUNAKAN HAK PILIH. Narapidana di Lapas Klas II B Ciamis diajak menggunakan hak pilih untuk Pilbup Ciamis dan Pilgub Jabar 2018.

Salah satu kesukesan pemilu yaitu tingginya angka partisipasi. KPU Ciamis bergerak menyosialisasikan Pilbup Ciamis dan Pilgub Jabar. Di Lapas Ciamis, mereka mengajak 232 narapidana agar menggunakan hak pilihnya.

Iman S Rahman, Ciamis

Rabu (4/4) siang. Sebanyak 232 narapidana sudah berkumpul di Aula Lapas Klas II B Ciamis. Mereka duduk. Rapi. Laki-laki di sebelah kanan. Perempuan sebelah kiri. Fokus perhatian mereka ke orang-orang yang duduk di depan. Ada dari pihak Lapas. Ada juga dari KPU Ciamis dan lainnya.
Siang itu, KPU Ciamis punya hajat. Mereka menyosialisasikan Pilbup Ciamis dan Pilgub Jabar. Dua hajatan pemilihan kepala daerah yang serentak tahun ini.
“Kami lakukan sosialisasi itu salah satunya guna menekan angka golput di LP Ciamis. Agar semua bisa berpartisipasi dalam pemilu serentak,“ jelas Komisioner Divisi Teknis KPU Ciamis H Ade Rusmana SH usai acara.
KPU berharap narapidana atau warga binaan menggunakan hak pilih mereka. Untuk itu, KPU menjabarkan tentang pentingnya menggunakan hak pilih. Tak lupa, visi dan misi para kandidat juga dipaparkan kepada mereka. Termasuk tata cara pemungutan suara di TPS.
“Harapan kami agar warga binaan LP Ciamis mau menggunakan hak pilihnya secara baik dan benar pada saat waktunya, “ ujar Ade.
Kepala Lapas Klas II B Kabupaten Ciamis Gumilar Budi Rahayu menyambut baik sosialisasi dari KPU.
”Mudah-mudahan setelah ada sosialisasi ini warga binaan untuk ikut serta mencoblos dan tidak golput,” ucapnya.
Di Lapas Ciamis, jumlah pemilih 232 orang. Sebanyak 170 bisa menggunakan hak pilihnya untuk Pilbup Ciamis dan Pilgub Jabar. Sisanya, 62 hanya memiliki hak pilih untuk Pilgub Jabar. Karena, mereka warga dari luar Ciamis.
Jumlah tersebut, kata Gumilar, bisa saja berubah. Karena, bisa ada yang keluar atau ada penghuni baru yang masuk.
“Harapan kami semua warga LP bisa melakukan partisipasi dalam pemilu serentak,“ harapnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here