SHARE
APRESIASI. Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana (kedua dari kiri) mengapresiasi Arul, tokoh utama dalam film Arul (Hadiah Terbaik) yang tayang perdana di XXI Transmart Tasikmalaya, Jumat (20/5/2022).Rangga Jatnika / RADARTASIKMALAYA.COM

RADARTASIKMALAYA.COM – Film Arul (Hadiah Terbaik) kini sudah tayang perdana di XXI Transmart Tasikmalaya, Jumat (20/5/2022). Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana turut menyaksikan dan mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Polres Tasikmalaya.

Sebagaimana diketahui, film tersebut mengangkat kisah nyata seorang anak bernama Arul yang meresahkan masyarakat. Pasalnya dia kerap melakukan pencurian sehingga warga melaporkan dan menyeretnya ke Polres Tasikmalaya.

Mengingat statusnya yang masih di bawah umur, polisi pun mengambil langkah diversi dan mengembalikan Arul kepada orang tuanya. Namun warga yang resah menolak jika anak tersebut jika sampai pulang ke kampung mereka.

Pada akhirnya Arul ditempatkan di lingkungan Mapolresta dan menjalani keseharian bersama para polisi. Sampai akhirnya dia diangkat menjadi anak asuh polres dan dimasukkan ke pesantren untuk memenuhi hak pendidikannya.

Menyaksikan film tersebut, Irjen Pol Suntana mengaku sampai menangis karena terkenang masa lalu. Di mana sewaktu remaja dia harus banting tulang mengingat ekonomi keluarganya yang terbilang sulit. ”Nasib Arul tidak jauh berbeda dengan saya waktu kecil,” tuturnya.

Dirinya melihat bahwa Arul merupakan salah satu potret kehidupan masyarakat. Di mana masih banyak masyarakat yang kesulitan secara ekonomi sampai seorang anak melakukan pencurian. ”Bahkan masih banyak yang mungkin tidak ketahui,” ucapnya.