Beranda Ciamis ODHA Butuh Pendampingan

ODHA Butuh Pendampingan

37
0
BERBAGI

CIAMIS – Ketua Ciamis Care Support (CCS) Yogi Firmansyah mengatakan orang dengan HIV/AIDS (ODHA) butuh pendampingan. Terutama untuk menguatkan psikologis. Sebab, mereka kerap dikucilkan. Baik oleh keluarga maupun teman.

“Yang merasa terjangkit HIV atau orang yang baru tervonis HIV, memerlukan dukungan psikologis dan sosial dari orang-orang di sekitarnya,” ujarnya Kamis (5/4).

Sayangnya, kata dia, sejak akhir tahun 2017 lembaga sosial yang biasa mendampingi ODHA sudah tidak ada. Itu seiring berhentinya bantuan dari luar negeri untuk lembaga tersebut. Akibatnya, banyak ODHA tidak berani mengambil obat anti retroviral (ARV) ke RSUD Ciamis.

Bahkan, data CCS menunjukkan sejak awal Januari hingga akhir Maret 2018, sebanyak 54 pengidap HIV/AIDS di Kabupaten Ciamis terlambat dalam pengambilan ARV. Sementara pendampingan dari pemerintah daerah juga tidak ada.

“Peran pendamping itu sangatlah penting, karena mereka (ODHA) memerlukan orang yang bisa mendampinginya agar bisa menatap masa depan yang layak,” ungkapnya.

Dia menjelaskan pendampingan terhadap ODHA pada dasarnya merupakan upaya untuk memberdayakan mereka dalam mendapatkan akses layanan kesehatan. Sebab, sudah banyak kasus loss follow up dari pasien ODHA yang mengakses layanan di rumah sakit.

“Tantangan dalam pendampingan ialah sejalannya informasi antara pendamping dengan dokter, sehingga peningkatan kapasitas bagi pendamping ODHA menjadi satu hal yang penting untuk dikedepankan dan juga untuk ODHA itu sendiri untuk bertahan hidup,” jelasnya. (obi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here