Beranda Kota Tasik Pakai Mobile JKN Lebih Mudah

Pakai Mobile JKN Lebih Mudah

9
0
BERBAGI
MOBILE JKN. Kepala Cabang BPJS Kesehatan Tasik Dwi Desiawan (kanan) dan Kharyanto menjelaskan fitur aplikasi mobile JKN. Foto Pitri Siti Halimah / Radar Tasikmalaya

TASIK – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menghadirkan mobile JKN di Play Store dan Apple Store. Penyediaan aplikasi ini untuk meningkatkan pelayanan terhadap peserta Jaminan Kesehatan Nasional dan Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Tasikmalaya Dwi Desiawan menerangkan mobile JKN itu memberikan lima kemudahan. Yaitu kemudahan mendaftar dan mengubah data kepesertaan; mengetahui informasi data peserta keluarga; informasi tagihan iuran peserta; informasi fasilitas kesehatan; menyampaikan keluhan, pertanyaan dan jawaban seputar JKN-KIS. Jadi melalui aplikasi ini, peserta tidak perlu repot datang ke kantor untuk mengetahui berbagai hal tentang kepesertaan BPJS.

Dalam Mobile JKN, terang Dwi, ada fitur skrining yang tak kalah penting guna mendeteksi gejala penyakit kronis. Seperti diabetes melitus, hipertensi, ginjal kronis dan jantung koroner. Dalam fitur ini terdapat 47 pertanyaan yang harus dijawab untuk mengetahui potensi risiko kesehatan. “Di fitur ini ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab peserta mulai kalau buang air kecil berapa kali, cepat haus, cepat lelah.

Nah ini akan mendeteksi penderita ke arah mana, apakah hipertensi, diabetes atau yang lainnya. Skrining ini masuknya ke pencegahan agar masyarakat lebih peka akan kesehatan, minimal pencegahan langkah awal,” terang dia kepada wartawan di kantornya Jalan Tanuwijaya No 9, Kamis (29/3) pagi.
|
Dengan mobile JKN, lanjut dia, apabila berobat di Faskes maka ada feedback untuk menilai Faskes tersebut baik atau tidak. Jadi seperti menggunakan transportasi online nanti mau kasih bintang berapa.

Kharyanto, bagian SDM Umum dan Komunikasi Publik menambahkan untuk menggunakan aplikasi mobile JKN hanya perlu mengunduh di Play Store dan Apple Store. Aplikasi ini direkomendasikan smartphone dengan sistem android versi 4.0 ke atas dan sistem iOS 10.

Setelah aplikasi terpasang di telepon pintar, hal yang pertama dilakukan yakni registrasi atau pendaftaran. “Pilih menu registrasi, kemudian isi kolom yang tersedia sesuai data Anda. Pastikan punya satu surel atau email dan nomor selular aktif. Karena setelah semua kolom diisi, sistem secara otomatis akan mengirim nomor verifikasi ke email dan nomor selular tersebut,” terangnya

Setelah menerima nomor verifikasi melalui surel, aplikasi akan meminta pengguna menulis nomor verifikasi tersebut. Lalu, akan muncul keterangan berhasil atau tidaknya dalam melakukan verifikasi. Jika tidak berhasil peserta bisa meminta aplikasi untuk mengirim kembali nomor verifikasi. Jika berhasil, hanya perlu mengisi alamat surel atau nomor kartu BPJS Kesehatan dan kata sandi setiap kali masuk ke aplikasi. (mg2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here