SHARE
MELUKIS. Kartika Affandi, putri maestro pelukis Affandi, saat melukis Situ Gede Kota Tasikmalaya, Senin (6/6/2022).

MANGKUBUMI, RADSIK – Putri maestro seni lukis Indonesia Affandi Koesoema, Kartika Affandi (87) memimpin para pelukis Yogyakarta melukis di Situ Gede Kota Tasikmalaya, Senin (6/6/2022).

Kartika Affandi merupakan kakak istri Wali Kota Tasikmalaya, Hj Rukmini Yusuf Affandi. Rukmini mengakui, keindahan dan keasrian alam Situ Gede menjadikan dirinya tak bosan melukisnya.

”Saya sudah tinggal di Kota Tasikmalaya lebih dari 35 tahun. Dan saya sering melukis Situ Gede ini,” kata Rukmini di sela-sela melukis Situ Gede.
”Selain view-nya bagus, kami sangat nyaman untuk melukisnya. Selain udaranya sejuk, lingkungannya sangat familiar. Mulai dari ada nelayannya, warung warga sekitar dan lainnya,” kata Rukmini.

Rukmini nyaman untuk bisa berkarya di Situ Gede. ”Kebetulan saya kedatangan kakak saya, Ibu Kartika Affandi. Saya ajak ke Situ Gede, salah satu lokasi pariwisata kebanggaan Kota Tasikmalaya untuk diabadikan melalui lukisan,” tuturnya.
Melukis itu, menurut Rukmini, adalah ungkapan rasa dan jiwa. ”Yang penting bagaimana mengekspresikannya agar apa yang dilihat menjadi makna hidup. Bahwa apa yang diciptakan Allah itu sangat luar biasa,” ujar Rukmini.