Beranda Rakyat Garut Pelanggaran Pidana Diselesaikan Gakkumdu

Pelanggaran Pidana Diselesaikan Gakkumdu

26
0
BERBAGI
SANTAI. Ketua Panwaslu Asep Burhanudin (kiri) bersantai usai diwawancarai.

TAROGONG KALER – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Garut mengaku sudah menyelesaikan 27 pelanggaran pemilu selama tahapan Pilkada Garut berlangsung.

“Dari total pelanggaran yang diselesaikan, sebagian besar terkait pelanggaran pemasangan APK (alat peraga kampanye),” ujar Ketua Panwaslu Kabupaten Garut Asep Burhanudin kepada Rakyat Garut, Jumat (6/4).

Menurut dia, dari semua laporan yang masuk, tidak ada pelanggaran kategori berat. Hanya pelanggaran administrasi. Semuanya sudah diselesaikan.

Vote

“Paling yang menyangkut masalah pidana, itu diselesaikan oleh tim Gakkumdu. Sampai saat ini baru satu laporan terkait pidana ini dan tidak terbukti,” terangnya.

Tentang pelanggaran pemasangan APK, kata dia, sudah berhasil ditertibkan. Sampai saat ini jumlahnya mencapai puluhan ribu.

“Jumlah angkanya saya tidak hapal, karena penertiban itu sebagian besar oleh Panwas kecamatan. Kalau perkiraan bisa puluhan ribu APK semua calon,” katanya.

Wilayah paling banyak terjadi pelanggaran pemasangan APK, lanjutnya, adalah Garut selatan. Hampir semua calon melanggar. Selanjutnya, Panwaslu melayangkan surat teguran dan menertibkan APK tersebut.

“Untuk mengantisipasi adanya pelanggaran khususnya money politic, kami sudah mempersiapkan diri dalam pengawasan,” pungkasnya. (yna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here