SHARE
DIPERBAIKI. Perkumpulan petani di Desa Pagerageung Kecamatan Pagerageung memperbaiki jaringan Irigasi Ciwalen sepanjang 542 meter.ISTIMEWA/radartasikmalaya.com

PAGERAGEUNG, RADSIK – Warga Kampung Ciseupan Desa Pagerageung memanfaatkan program Percepatan dan Perluasan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy dengan memperbaiki jaringan irigasi Ciwalen.

”Alhamdulillah saya ucapkan terima kasih kepada BBWS Citanduy yang telah memberikan kepercayaan kepada Desa Pagerageung dengan memberikan batuan berupa perbaikan jaringan irigasi,” ujar Kepala Desa Pagerageung Miftah Farid kepada Radar, Jumat (10/6/2022).

Farid mengungkapkan, anggaran perbaikan jaringan irigasi itu mencapai Rp 195.000.000 dengan panjang saluran irigasi sepanjang 542 meter. Papan proyek pekerjaan selalu terpangpang di sekitar lokasi, hal itu dikarenakan progran pemerintah harus transparan.

Pihaknya selalu terbuka terhadap proyek yang ada di Desa Pagerageung. Sebab, masyarakat Desa Pagerageung yang menerima manfaat dari program ini khususnya, harus tahu sumber anggarannya dari mana, nominalnya berapa dan lain sebagainya.

Dengan adanya program ini, kata Farid, masyarakat yang notabennya 70 persen merupakan petani sawahnya bisa normal dalam masalah perairannya. Karena, sebelum ini diperbaiki, masyarakat yang memilik sawah di hilir selalu menjadi polemik rebutan air ketika musim kemarau.