Beranda Banjar Pemilih Pemula Rentan Dipengaruhi

Pemilih Pemula Rentan Dipengaruhi

25
0
BERBAGI

BANJAR – Pemerhati Politik Kota Banjar Sidik Firmadi SIP, MIP menilai pemilih pemula rentan dipengaruhi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak, terutama money politic.

Itu kenapa pendidikan politik sangat penting bagi pemilih pemula.

“Biasanya pemilih pemula cenderung berpikir pragmatis, yaitu hanya berpikir keuntungan sesaat yang sifatnya instan,” ujarnya Jumat (6/4).

Mereka tidak sadar bahwa suara mereka sangat berharga dalam pemilihan kepala daerah.
Mereka pun, kata dia, tidak sadar dampak ketika salah memilih pemimpin.

“Karena pemilih pemula rata-rata dari kalangan anak muda, seharusnya dapat berpikir lebih visioner untuk memilih pemimpin yang peduli dengan Kota Banjar melalui visi dan misi serta program kerjanya,” tuturnya dosen STISIP Bina Putra Banjar ini.

Karena itu, pemilih pemula jangan sampai salah memilih pemimpin. Panitia penyelenggara pemilu pun ditekankan terus melakukan sosialisasi ke masyarakat, khususnya pemilih pemula.

Sebelumnya, puluhan pelajar dan mahasiswa dibekali pendidikan politik oleh KPU Kota Banjar di kampus STIT Muhammadiyah Kamis (5/4).

“Sebagai pemilih pemula perlu kiranya dibekali pendidikan politik. Jangan sampai nanti saat pelaksanaan tidak tahu siapa calon pemimpin yang akan dipilihnya,” ujar Ketua KPU Kota Banjar Dani Danial Muhklis SPdI usai kegiatan. (nto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here