SHARE
ilustrasi katarak

RADARTASIKMALAYA.COM – Sebanyak 16 orang lanjut usia (lansia) di Kecamatan Pagerageung mendapatkan operasi katarak gratis, yang  terlebih dahulu dilakukan screening kesehatan oleh Puskesmas Pagerageung.

Operasi katarak gratis sendiri di laksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Singaparna Medika Citrautama (SMC). Lansia yang diberikan operasi gratis ini merupakan  lansia yang sudah tidak jelas dalam penglihatan matanya.

Plt Puskesmas Pagerageung, Ade Sudrajat mengatakan dari 10 desa yang ada di Kecamatan Pagerageung, sebanyak 97 orang tercatat sebagai data lansia yang mengidap katarak.

Menurutnya, 97 orang lansia tersebut lalu mengikuti tes screening kesehatan. Hasilnya, ada 27 orang yang lolos. Kemudian, diperiksa kembali, keluar hasil lab-nya hanya 16 orang lansia yang lolos untuk operasi katarak gratis.

Sementara itu, terang dia, bagi 11 orang lansia lagi tidak lolos uji lab karena mengidap riwayat penyakit hipertensi dan diabetes. Sehingga tidak bisa mengikuti operasi katarak gratis.

“Untuk tempat operasi katarak dilaksanakan di RSUD SMC. Kami berharap 16 orang lansia yang mengikuti operasi katarak gratis semuanya bisa kembali sehat dan normal. Penyakit kataraknya bisa sembuh,” ungkap Ade, kepada Radar.