SHARE
APRESIASI. Bank sampah Bumi Endah Residence Kecamatan Indihiang memberikan reward kepada nasabah terbaik, Minggu (22/5/2022). rezza rizaldi/radartasik.disway.id

RADARTASIKMALAYA.COM – Permasalahan pengelolaan sampah di Kota Tasikmalaya hingga kini masih menjadi Pekerjaan Rumah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tasikmalaya.

Apalagi, armada di DLH belum bisa maksimal mengangkut seluruh sampah dari 10 kecamatan tiap harinya. Makanya, pemberdayaan masyarakat melalui bank sampah terus digenjot di semua wilayah. Bahkan, warga di kompleks perumahan ikut andil mengelola bank sampah.

Seperti yang dilakukan warga yang tinggal di Bumi Endah Residence di Jalan Parakannyasag Kelurahan Parakannyasag Kecamatan Indihiang.

Sejak berdiri 2021, bank sampah di perumahan ini telah menyetorkan sampah dari para nasabahnya kepada armada DLH sebanyak 582 kilogram. ”Alhamdulillah nasabah kami saat ini sudah ada 37 nasabah,” ujar pengelola Bank Sampah Perum Bumi Endah Residence Edis Noviant, Minggu (22/05/22).

”Tahun 2021 total sampah yang kami setorkan 349,85 kilogram, dan tahun ini sejak awal Januari hingga Mei sebanyak 232,15 kilogram,” sambungnya.

Menurut dia, guna menggeliatkan semangat bank sampah, pihaknya tadi siang melakukan pemberian doorprize kepada nasabah terbaik berupa minyak goreng. ”Tadi kita berikan reward untuk penyetoran sampah sejak 8 November 2021, sudah berjalan 6 bulan. Reward-nya tadi dibagikan untuk empat nasabah terbaik atau paling rajin dan konsisten,” tuturnya.