SHARE
Kepala Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) di Tasikmalaya Jajat Setia Permana memeriksa mi basah yang mengandung formalin di Kawalu Kota Tasikmalaya, Rabu, 15 Juni 2022. Foto: Rezza Rizaldi / radartasik.disway.id

RADARTASIKMALAYA.COM, BADAN Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Polres Tasikmalaya Kota menggerebek pabrik mi basah di Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya, Rabu, 15 Juni 2022 dini hari tadi WIB.

Kepala Loka POM di Tasikmalaya Jajat Setia Permana menjelaskan kronologi penggerebekan pabrik mi basah yang diduga mengandung formalin tersebut.

Awalnya, petugas kerap kali memeriksa kandungan mi basah di beberapa titik wilayah Kota Tasikmalaya. Kemudian, para pedagang mi basah tersebut mengaku membelinya di Pasar Cikurubuk.

”Petugas menelusuri dari pusat pemasarannya di Pasar Cikurubuk. Kemudian didapati lokasi sebuah rumah produksinya di Kawalu. Tadi dini hari kami lalukan operasi penindakan,” ujar dia.

Rumah tersebut, menurut dia, menjadi home industry pembuatan mi basah yang diduga mengandung formalin. Home industry itu dijalankan empat orang karyawan yang statusnya hingga kini masih sebagai saksi.

”Per hari home industry itu memproduksi 4 kuintal mi basah. Ada 2 jenis mi basahnya. Ada yang bulat dan gepeng,” terangnya.

Saat dilakukan penggerebekan, para pekerja sedang membuat mi basah. Di lokasi, pihaknya menemukan 7 karung besar berisi mi basah. Mesin penggilingan pembuatan mi basah turut diamankan.