SHARE
BERFOTO. Tim Pemeriksa IVA Test saat membuka pemeriksaan di Puskesmas Pembantu Kelurahan Karikil Kecamatan Mangkubumi, Kamis (9/6/2022) siang.Istimewa /radartasikmalaya.com

MANGKUBUMI, RADSIK – Sejumlah warga di area Puskesmas Pembantu Kelurahan Karikil Kecamatan Mangkubumi mengikuti pemeriksaan inspeksi visual asam asetat (IVA), Kamis (9/6/2022). Upaya tersebut untuk mendeteksi secara dini kanker leher rahim yang menimpa kalangan perempuan.

Tim Testing UPTD Puskesmas Mangkubumi, Pipih Sopiah menuturkan kegiatan tersebut rutin dilaksanakan di wilayahnya. Tim secara maraton bergerak ke setiap puskesmas pembantu, dalam mendeteksi warga yang berpotensi mengidap kanker tersebut. ”Kebetulan sekarang dilaksankaan di sini, sebab terdapat beberapa orang positif mengidap kanker serviks,” ujarnya di sela pengetesan, kemarin.

Dia menyebut, kanker serviks adalah satu dari sekian banyak jenis kanker yang kerap menyerang wanita. Dengan melakukan deteksi dini, peluang kesembuhan kanker serviks cukup besar. Salah satunya dengan melakukan IVA test. ”Syarat mengikuti pemeriksaan IVA yaitu tidak sedang hamil, tidak sedang menstruasi, tidak melakukan hubungan badan selama 24 jam sebelum pemeriksaan dan tidak sedang menggunakan obat vagina,” katanya menjelaskan.

Selain deteksi dini, upaya lainnya adalah dengan mengedukasi berkenaan personal hygine, gaya hidup sehat, di antaranya hindari gonti-ganti pasangan, tidak merokok, dan alkohol.