SHARE
AKTIVITAS SEKOLAH. Siswa-siswi SMPN 2 Kota Tasikmalaya akan mengikuti kegiatan belajar mengajar, Rabu (8/6/2022).Fatkhur Rizqi/radartasikmalaya.com

TASIK, RADSIK – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) akan menjadi momen penentu bagi orang tua siswa dan peserta didik untuk bisa mengenyam pendidikan di sekolah impiannya. Namun, mereka tidak serta-merta bisa mendapatkan apa yang diharapkannya.

Regulasi PPDB telah menunjukkan syarat dan batasan yang jelas. Baik untuk jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan sekolah-sekolah sederajat lainnya.

Orang tua atau wali siswa mesti memahami alur PPDB. Baik mengenai persyaratan maupun cara pendaftaran. Misalnya ada pendaftaran melalui online atau dalam jaringan (daring) dan dengan luar jaringan (luring). Sikap adaptif, cekatan, dan gesit akan membuka peluang lebih besar bagi anak-anaknya untuk masuk sekolah impiannya.

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tasikmalaya akan segera membuka PPDB tahun ajaran 2022/2023 untuk jenjang PAUD, SD, SMP, dan pendidikan kesetaraan (paket A, B, dan C).

Jadwal pendaftaran PPDB PAUD dimulai pada 20 Juni-9 Juli dan SD pada 27 Juni-6 Juli 2022. Lalu SMP untuk jalur nonzonasi pada 15-21 Juni dan jalur zonasi 27 Juni-6 Juli. Sedangkan untuk pendaftaran pendidikan keseteraan dimulai 16 Juni-31 Agustus.