Beranda Kota Tasik Saluran Situ Gede Mendadak Berbusa
Aromanya Mirip dengan Detergen

Saluran Situ Gede Mendadak Berbusa

116
0
BERBAGI
CEK LAPANGAN. Babinsa mengecek busa yang muncul di saluran air menuju Situ Gede di Kampung Cibugelan Kelurahan/Kecamatan Mangkubumi, Senin (16/4). Busa yang aromanya mirip detergen itu belum diketahui berasal dari mana.

MANGKUBUMI – Saluran air ke Situ Gede di Kampung Cibugelan Kelurahan/Kecamatan Mangkubumi mendadak berbusa selama beberapa jam, Senin (16/4). Belum jelas busa-busa mirip sabun berasal dari mana.
Komisi Ekologi Forum Peduli Situ Gede Atang Supriatna mengatakan pukul 06.00 busa-busa itu terlihat. Hal itu cukup aneh karena baru kali ini terjadi. Aroma busa di saluran itu mirip sabun detergen. “Baunya ya seperti sabun. Tapi enggak tahu dari mana,” ungkapnya.
Pihaknya pernah mendengar adanya industri sabun rumahan. Akan tetapi belum jelas siapa dan lokasinya di mana. Dia khawatir busa-busa itu bisa mencemari Situ Gede yang menjadi salah satu tempat sebagian warga mengais rezeki. “Khawatirnya berdampak buruk dan mencemari lingkungan,” tuturnya.
Camat Mangkubumi M Sony mengatakan pihaknya sudah mengambil sampel busa-busa itu untuk diperiksa lebih lanjut. Pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup untuk memastikan kandungan busa tersebut. “Berbahaya atau tidak kami juga belum mengetahui secara pasti karena harus diperiksa lebih lanjut,” katanya.
Disinggung kemungkinan limbah industri, pihaknya masih belum bisa memastikannya. Pasalnya, jalur saluran air itu tidak terlintasi oleh pabrik atau industri lainnya yang mengeluarkan limbah. “Karena kalau dilihat enggak ada pabrik di `sekitar sini,” tuturnya.
Kapolsek Mangkubumi Ipda Agus Fredi menuturkan bahwa busa-busa itu sudah hilang sejak pukul 09.00. Busa itu cukup lengket. Namun tidak mengeluarkan bau busuk sebagaimana limbah industri. “Sekitar dua jam busa-busanya sudah hilang,” jelasnya.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup H Dudi Mulyadi me­ngata­kan pihaknya sudah me­nurunkan petugas ke lokasi. Duga­an sementara busa-busa itu tidak membahayakan meski­pun belum diketahui dampak buruknya untuk masyarakat. “Petugas sudah ke lapangan, mudah-mudahan tidak berbahaya,” terang dia. (rga)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here