SHARE
Kepler Sianturi MA Ketua DPC HIPKI Kota Tasikmalaya

RADARTASIKMALAYA.COM – Tidak hanya wakil rakyat yang memberikan penilaian terhadap kinerja Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tasikmalaya Ir Hj Ely Suminar MP, lembaga kursus dan pelatihan pun turut angkat suara. Mereka menanti kinerja yang baik dari pejabat eselon II hasil seleksi itu.

Ketua DPC Himpunan Penyelenggara Pelatihan dan Kursus Indonesia (HIPKI) Kota Tasikmalaya Kepler Sianturi MA menerangkan, dua tahun lalu, pihaknya telah menyampaikan berbagai kesulitan yang menimpa Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) dalam sebuah audiensi. Sekarang, LKP menagih keberpihakan Dinas Pendidikan (Disdik) dalam mengatasi berbagai persoalan agar tetap eksis.

”Selama pandemi, banyak lembaga kursus gulung tikar. Kami pernah minta Disdik membumikan kursus agar semakin berdaya. Termasuk terhadap Pak Wali Kota pun supaya terlibat kampanyekan kursus. Karena kita kesulitan untuk beroperasi di tengah dampak Covid-19 yang membatasi beragam aktivitas,” kata Kepler kepada Radar, Jumat (20/5/2022).

HIPKI, kata dia, juga mendesak dinas segera merevisi Peraturan Daerah (Perda) tentang Pendidikan.

Di mana di dalamnya tidak terdapat poin atau klausul peran pemerintah kota (pemkot) terhadap LKP. Baik dari sisi keberpihakan maupun intervensi untuk memberikan pengembangan bagi kursus. ”Nah, Bu Kadis yang kami hormati, kami sudah sampaikan itu ke pemkot dan informasinya sedang akan dilakukan revisi. Tolong, kita juga membutuhkan regulasi, harusnya dinas bisa responsif lantaran tak hanya mengurus sekolah formal saja tugasnya. Eksistensi kami hadir mencetak lulusan ber-skill dan kompeten, selama ini seolah dianaktirikan tanpa ada intervensi apa pun,” tuturnya.