SHARE
ilustrasi pemilu

RADARTASIKMALAYA.COM – Pelaksanaan pemilu memang masih dua tahun lagi, namun tahapannya akan dimulai bulan Juni. Hal ini menjadi sinyal untuk partai politik agar segera bergerak mempersiapkan berbagai keperluan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tasikmalaya Dr Ade Zaenul Mutaqin MAg mengatakan tahapan pemilu rencananya akan dimulai pada 14 Juni 2022. Saat ini pihaknya masih menunggu penetapan Peraturan KPU. ”Insyaallah PKPU disahkan akhir bulan ini,” ujarnya kepada Radar, Senin (23/5/2022).

Proses awal pemilu adalah pendaftaran dari parpol-parpol di KPU pusat. Diikuti oleh verifikasi di tingkatan daerah. ”Jadi kita persiapkan verifikasi data parpol di sini,” tuturnya.

Maka dari itu, pihaknya sudah mengomunikasikan hal ini dengan masing-masing parpol. Supaya mereka bisa gerak cepat sejak proses awal tahapan pemilu. ”Supaya pada saatnya nanti dokumen-dokumennya sudah siap,” ujarnya.

Verifikasi data parpol bukan hanya dilihat dari dokumen saja. Petugas dari KPU pun akan melakukan pengecekan secara faktual ke lapangan. ”Sebisa mungkin dokumen sudah lengkap agar tidak perlu ada perbaikan,” katanya.

Saat ini sudah bermunculan beberapa parpol yang baru dan gerakannya sudah masuk ke Kota Tasikmalaya. Pihaknya belum bisa memastikan mereka bisa terverifikasi atau tidak. ”Ya kita lihat saja saat verifikasi nanti,” ujarnya.