SHARE
Petugas gabungan Polres Tasikmalaya bersama Dinas Perhubungan tengah mengecek kelengkapan surat kendaraan di Jalan Ciawi - Singaparna, Rabu 15 Juni 2022. Foto: Ujang Nandar / radartasik.disway.id

RADARTASIKMALAYA.COM, Polres Tasikmalaya bersama Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tasikmalaya menggelar razia di Jalan Raya Ciawi – Singaparna (Cisinga) pada Rabu, 15 Juni 2022.

Selain memastikan kelengkapan surat kendaraan, razia dengan sasaran truk pengangkut pasir galungung ini untuk menjawab keluhan masyarakat terkait rusaknya Jalan Cisinga.

Dalam operasi itu, petugas menemukan beberapa truk pengangkut pasir yang menyalahi aturan mulai dari melebihi muatan (tonase), tidak menggunakan penutup (terpal) dan lainnya.

”Mereka yang melanggar terkait tugas fungsi seperti KIR, tonase, pajak, kita tilang,” kata Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Tasikmalaya Ruslan Munawar.

”Sebenarnya kita sudah mengimbau kaitan dengan tonase sehubungan dengan adanya kelas jalan,” jelas dia kepada wartawan ketika ditemui di lokasi razia, Rabu 15 Juni 2022.

Ruslan mengimbau kepada pengemudi truk agar memastikan kendaraan laik jalan, menggunakan sabuk keselamatan saat berkendara, pengangkutan hasil hutan seperti kayu dan bambu tidak melebihi yang ditentukan dalam Buku Uji (KIR).

Termasuk, pengangkutan hasil tambang khusus pasir atau bebatuan tidak boleh dalam kondisi basah atau berair yang dapat menyebabkan jalan kotor dan cepat rusak.