SHARE
H Adang Mulyana Kepala DKPPP Kota Tasikmalaya

INDIHIANG, RADSIK – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Tasikmalaya pada 2022 menyiapkan anggaran senilai Rp 7 milar untuk bantuan ternak. Dana tersebut dihibahkan kepada kelompok peternak.

Kepala DKPPP Kota Tasikmalaya H Adang Mulyana menerangkan bantuan yang diberikan yakni sapi, domba, dan kambing yang masih usia bibit atau bakalan. ”Sebagian sudah didistribusikan kepada kelompok peternak,” ujarnya kepada Radar, Selasa (14/6/2022).

Ternak yang sudah didistribusikan yakni 17 ekor sapi, 150 ekor kambing perah dan 250 ekor domba. Jumlah tersebut belum setengahnya dari target di angka sekitar 1.000 ternak. ”Baru sebagian, sekitar 40 persen,” tuturnya.

Bantuan tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dengan nilai mencapai Rp 7 miliar. Penerima bisa memanfaatkan bantuan tersebut sebagaimana mestinya tanpa harus mengembalikan apa pun. ”Karena sifatnya hibah,” ucapnya.

Sasaran dari bantuan tersebut yakni kelompok-kelompok peternak yang sebelumnya mengajukan proposal. Pihaknya tidak asal memberi bantuan kepada peternak yang memang belum siap. ”Sasarannya ada 55 kelompok peternak, sesuai pengajuan,” ujarnya.

Bantuan tersebut tidak semata-mata diberikan kepada masyarakat yang bergerak di bidang peternakan. Namun ditujukan untuk mendorong peningkatan ekonomi melalui peternakan. ”Tujuannya ya meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.