Beranda Tasikmalaya Warga Rela Antre untuk Perekaman E-KTP

Warga Rela Antre untuk Perekaman E-KTP

51
0
BERBAGI
ANTRE. Ratusan warga Kecamatan Sukaraja antre untuk perekaman E-KTP di kantor kecamatan, Minggu (15/4).

SUKARAJA – Ratusan warga Kecamatan Sukaraja rela antre untuk melakukan perekaman E-KTP di kantor kecamatan, Minggu (15/4). Antrean terjadi karena alat perekeman baru tersedia setelah beberapa waktu mengalami kerusakan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tasikmalaya H Nazmudin mengatakan antrean dalam perekaman E-KTP terjadi di Kantor Kecamatan Sukaraja. Tidak menutup kemungkinan kecamatan-kecamatan lain juga mengalami antrean yang sama karena antusiasi masyarakat untuk melengkapi dokumen kependudukan sangat tinggi. “Memang saat ini hampir semua kecamatan dipadati oleh masyarakat yang ingin perekaman E-KTP,” katanya kepada Radar kemarin.

Antrean yang sangat panjang di Kecamatan Sukaraja terjadi karena sebelumnya alat yang biasa digunakan perekaman E-KTP mengalami kerusakan. Kemudian Disdukcapil mendistribusikan alat sementara untuk memenuhi pelayanan kepada masyarakat. “Kita pinjamkan sementara alat mulai dari Jumat sampai hari Minggu ini,” bebernya. Dengan demikian jumlah warga yang melakukan perekaman sangat banyak karena sudah beberapa waktu tidak mendapatkan pelayanan.

Tidak hanya di kantor kecamatan, antrean perekaman E-KTP juga terjadi di Kantor Disdukcapil, beberapa waktu lalu. Dalam satu hari bisa 500-800 orang lebih yang datang untuk melakukan perekaman E-KTP, sementara ruang pelayanan hanya menampung 60 orang. “Bahkan empat hari terakhir bisa mencapai 1.000 orang yang datang ke Disdukcapil dengan pelayanan sampai pukul 21.00,” bebernya.

Tingginya antusias masyarakat dalam melakukan permohonan pembuatan dokumen kependudukan diprediksi akan berlangsung sampai satu bulan ke depan. Karena kebutuhan masyarakat terhadap E-KTP sebagai persyaratan melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. “Termasuk E-KTP sebagai persyaratan bisa menyalurkan hak suaranya pada Pilgub Jabar 2018,” bebernya. (ujg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here